Kunci Sukses Berbisnis dari Ketum HIPMI Bahlil Lahadalia

22 May 2017

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan panjang telah dilalui Bahlil Lahadalia dalam mencapai kesuksesan bisnis. Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) ini membeberkan setidaknya ada tiga hal yang bisa dilakukan seseorang apabila ingin sukses dalam bisnis. Hal tersebut adalah cerdas, bekerja keras dan yakin dengan apa yang dilakukan.

"Saya ingin menjelaskan bahwa kalau mau jadi pengusaha sukses tergantung kita. Menjadi pengusaha kuncinya ada tiga hal, nomor satu harus cerdas, kedua mau kerja keras, dan ketiga tau apa yang dikerjakan," tuturnya saat menjadi pembicara di acara Inspirato Liputan6.com di SCTV Tower, Selasa (16/5/2017)

Bahlil menjelaskan, cerdas yang dimaksud bukan hanya cerdas dari sisi ilmu, tetapi juga cerdas membaca peluang, cerdik dalam memanfaatkan peluang, dan mampu meyakinkan orang lain.

"Tidak ada pengusaha yang sukses dan hebat itu tercipta karena modal uang yang besar, tapi yang ada adalah pengusaha cerdas," jelasnya.

Selain cerdas, Bahlil juga menggarisbawahi pentingnya kerja keras apabila ingin menjadi sosok yang sukses. Baginya, kerja keras, pantang menyerah, dan berkeyakinan teguh merupakan karakter yang wajib dan dimiliki oleh seorang pengusaha.

Terakhir, hal yang harus dimiliki agar bisa menjadi pengusaha ulung adalah keyakinan besar dengan apa yang sedang dikerjakan. Bahlil mengatakan, lewat keyakinan ini ia bisa merubah nasibnya dan mampu meraih apa yang diinginkan.

"Saya yang tumbuh dalam keterbatasan saja bisa jadi seperti ini. Orang-orang yang dapat survive adalah orang-orang yang punya keyakinan besar,"

"Kalau kalian yakin dengan apa yang dikerjakan, saya percaya, kalian pun bisa jadi lebih hebat dari saya," tuturnya.