Oligarki Ekonomi Jadi Bencana Nasional

27 December 2017

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia menegaskan, oligarki ekonomi merupakan bencana bagi perekonomian nasional. Pasalnya, Indonesia membutuhkan pemerataan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan distribusi sehingga gap atau kesenjangan harga tidak terlalu tinggi sampai ke konsumen.

"Dampaknya ke pengusaha. Kita lihat 99,3 persen itu UMKM, sampai di usaha menengah saja enggak naik-naik, itu akibat dari oligarki ekonomi," tuturnya kepada rilis.id usai diskusi bertajuk Bahaya Oligarki Ekonomi di Megawati Institute, Jakarta, Rabu (27/12/2017).
Ia menilai, akibat oligarki ekonomi, para perusahaan dapat menguasai pangsa pasar di Indonesia, sehingga mengakibatkan tumpang tindih dalam berproduksi.

"Karena mereka menguasai itu. Berbeda dengan Jepang, di negara itu yang besar-besarnya ditarik dan hidup bersama-sama. Indonesia kan enggak seperti itu," imbuhnya.

Untuk itu, ia meminta kepada para pemangku kepentingan dan kebijakan, untuk memberikan efek jera kepada para oknum yang mencoba memonopoli. Ini agar, secara bersama-sama pemerintah menyadari secara kolektif membangun ekonomi Indonesia, lebih maju dengan negara lain.
"Solusinya, penguatan kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Maka, undang-undangnya (KPPU) harus segera direvisi. Penguatan lembaga itu penting, untuk membuat kebijakan dan kesadaran moral, bahwa hidup kita ini bukan untuk kita atau kelompok, tapi untuk negara kita," tandasnya.

Sumber : http://rilis.id/oligarki-ekonomi-jadi-bencana-nasional.html