Target Pajak 2018 Bikin Pengusaha Cemas

21 December 2017

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengatakan target penerimaan perpajakan pada tahun 2018 akan meningkat. Peningkatan ini yang menjadi kekhawatiran para pengusaha.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Bahlil Lahadalia mengatakan bahwa ada sebuah kekhawatiran dari target pajak yang meningkat hingga menjadi Rp1.600-an triliun. Hal ini, menurutnya, dikarenakan pertumbuhan ekonomi pada 2018 tidak akan jauh berbeda dengan tahun 2017.

"Ini merupakan target yang sangat optimistis dari pemerintah. Namun, target ini juga sangat ekspansif," ujar Bahlil dalam Dialog Hipmi dan Kadin dengan tema Arah Kebijakan Pajak Tahun 2018, di hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (20/12).

Dia mengungkapkan, bila target pajak ditetapkan tinggi akan menekan pengusaha. Penekanan ini dilakukan dengan meningkatkan pajak yang harus dibayar pengusaha.

"Keadilan harus tercipta dalam penerapan pajak di Indonesia. Tidak hanya mengincar golongan bawah tetapi juga golongan atas," tegasnya.

Bahlil berharap, pemerintah bisa menerapkan aturan yang jelas dalam sistem pembayaran perpajakan. Lanjutnya, ia tidak ingin pemerintah mencari-cari kesalahan demi menutupi penerimaan yang masih jauh dari target.

Sumber : https://www.jawapos.com/read/2017/12/21/176381/target-pajak-2018-bikin-pengusaha-cemas