Peluang Usaha Industri Hilir Migas Bagi Pengusaha Muda

20 October 2015

Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi kekayaan minyak dan gas (migas) yang cukup besar. Besarnya potensi migas yang terkandung di Indonesia merupakan peluang emas untuk terus mendorong roda perekonomian.

Upaya penyelenggaraan kegiatan usaha migas tersebut tak lepas dari peran investasi pihak swasta dalam negeri maupun asing pada sektor hulu dan hilir migas.

Peluang investasi pengembangan industri migas di Indonesia, baik di bidang hulu maupun hilir di masa mendatang masih sangat menjanjikan. Bisnis hilir migas bukanlah bicara tentang "kue yang kecil". Areanya yang meliputi seluruh wilayah Indonesia jelas membutuhkan pemain-pemain besar selain Pertamina.

Tentu akan sangat baik jika pemerintah juga mengorganisir kekuatan modal dalam negeri terutama pengusaha muda untuk menjadi pemain di industri ini. Jika nilai transaksi bisnis hulu sampai hilir migas sekitar Rp. 27.000. triliun per tahun, sebagai ilustrasi untuk hilir lebih kecil dari se pertiganya atau sekitar 800 triliun, itu bukan angka yang kecil bagi sebuah pengembangan bisnis.

Pada tahun 2012 silam, menurut ekonom UGM Revrisond Baswir sudah ada sekitar 40 perusahaan asing yang telah memegang izin prinsip pendirian stasiun pengisian bahanbaker umum (SPBU). Masing-masing perusahaan memiliki hak mendirikan 20.000 SPBU.

Itu artinya, akan ada 800.000 SPBU milik asing akan menguasai Indonesia. Bisa dibayangkan bagaimana seluruh kebutuhan minyak harus dibeli di perusahaan asing danasing akan menguasai seluruh produksi Indonesia dari hulu ke hilir.

Sementara itu, sekitar 5300 SPBU lokal terancam keberlangsungannya. Kurangnya modal membuat pengusaha lokal tidak memiliki daya saing untuk berkompetisi dengan pihak asing. Tentu di tengah berbagai krisis yang dihadapi, akan ada peluang untuk pegusaha muda di Inodnesia. Untuk itu, Forum Dialog Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (FDH HIPMI) mengadakan sebuah forum diskusi bertemakan "Peluang Usaha Industri Hilir Migas Bagi Pengusaha Muda" yang dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal: Kamis, 20 Oktober 2015
Pukul: 12.30-15.00 WIB
Tempat: HIPMI Center, BPP HIPMI
Menara Bidakara 2, Lantai 8, Pancoran, Jakarta Selatan

Dengan menghadirkan pembicara:
1. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja (Dirjen Migas Kementerian ESDM RI)
2. Ahmad Bambang (Direktur Pemasaran PT Pertamina)
3. Kardaya Warnika (Ketua Komisi VII DPR RI)
4. Hendry Ahmad (Direktur BBM BPH MIGAS)

Moderator: Andhika Anindyaguna (Ketua BPP HIPMI Bidang SDA, ESDM, LH & Presiden Direktur Sugih Energy)
Acara ini gratis dan tidak dipungut biaya . Silahkan konfirmasi kehadiran rekan-rekan di seluruh Indonesia ke M. Hadi Nainggolan 0821 5274 4633